-->
banner here

Benarkah bawang putih dapat mengobati jerawat?

- 6:55 am
banner here
Bawang putih merupakan ras bawang yang memiliki banyak manfaat. Biasanya bawang ini dijadikan salah satu bahan untuk memasak. Harumnya yang khas dan rasanya yang gurih membuat masakan menjadi enak.

Tapi ternyata bawang putih selain dipakai untuk memasak juga dipakai untuk pengobatan. Dari berbagai macam khasiat bawang putih, ada satu khasiat yang sangat dibutuhkan bagi seseorang yang memiliki wajah berjerawat. Memang banyak sekali tips mengobati dan mencegah jerawat, tapi metode bawang putih ini lebih mudah.

Tapi benarkah bawang putih bisa mengobati jerawat? Ternyata bawang putih memang benar bisa mengobati jerawat, karena bawang putih mengandung minyak Astiri yang berguna membasmi dan menjauhkan bakteri dan bersifat anti septik. Diyakini bahwa bawang putih yang masih kecil lebih banyak mengandung antibiotik dibandingkan yang sudah manula alias tua.

Pemakaiannya dapat langsung dimakan irisannya ditempel saja pada jerawat. Jika tidak mau terserang bau mulut dan ribet membuat masker wajah salah satunya yang paling mudah yaitu ditempel yang akan dijelaskan cara pemakainnya dibawah ini.

Berikut ini cara mengobati dan mencegah jerawat dengan bawang putih :

  • Cuci muka terlebih dahulu dengan air bersih.
  • Siapkan satu bawang putih dan pisau yang bersih. Pisau harus benar-benar bersih untuk itu sebaiknya dicuci terlebih dahulu dengan air hangat agar kuman-kumannya pada mati.
  • Kupas bawang putih
  • Setelah itu irislah bawang putih dengan irisan yang tipis dengan memakai pisau. Usahakan saat mengiris tidak melibatkan peralatan lain. Hanya memakai pisau.
  • Tempelkan irisan tipis bawang putih ke calon jerawat (maksudnya jerawat yang belum meradang)
  • Diamkan sampai irisan itu mengering dan menempel, kira-kira selama 1 menit. (kalau terlalu lama akan membuat kulit melepuh)
  • Karena setelah kering bawang sulit dilepas, maka basuhlah dengan air biasa yang bersih (kalau bisa air minum, biar terjamin kebersihannya).
  • Lakukan ini 2 kali sehari, pagi dan sore/malam.
Catatan tapi jangan dimaskerkan. Cuman irisan tipisnya yg di tempelkan. Jika efeknya malah tidak baik, hentikan pemakaian. Cara diatas tidak cocok untuk jerawat yang banyak, meradang (luka) dan yang berkulit sensitif.

Waktu penyembuhan jerawat tergantung parah tidaknya jerawat. Yang pasti yang paling penting adalah kesabaran dan ketelatenan. Dan yang tidak kalah penting adalah terus berfikiran positive bahwa jerawat akan sembuh agar mengurangi salah satu penyebab jerawat yaitu stress.

Semoga bermanfaat...


Advertisement advertise here

25 komentar

avatar

menarik sekali bahasannya.
kunjungi juga dan joint kembali Blog saya

avatar

pengen coba nih...tp gak perih ya kalo wajah di isi bawang putih?

avatar

artikel yang bermanfaat ..salam

avatar

trims...saya akan kunjungi blognya...

avatar

kalo di masker perih...mending pake yang tempelin irisan tipis bawang...akan terasa panas beberapa detik, tidak lama..setelah itu biasa aja..bawangnya akan kering. Setelah pemakaian beberapa kali, maka jerawat akan kering dan calon jerawat akan kempes...selamat mencoba...:)

avatar
This comment has been removed by a blog administrator.
avatar

apakh memakai bwang putih bekas jerwatnya bisa hilng????

avatar

iyaa saya kemarin pake bawang putih ditumbuk halus terus diolesin dimuka jadi melepuh dan dimuka saya jadi ada semacam luka bakar . gimana dong cara ngilangin luka nya plese coment nya ? -_-

avatar

Untuk semua.a saya sarankan jgan,soal.a saya sudah mencoba sndri alhasil muka saya melepuh,inti.a tidak semua kulit muka menerima rangsangan dari bawang putih,apalgi kulit muka yg sensitive,saya punya jrawat kcil dua titik make masker bwang mLah buat muka saya kayak moster skrang,sberpa bodohnya saya bertindak sblum mlihat detail lbih lanjut khasiat.a

avatar

kulit bakal melepuh!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

avatar
This comment has been removed by a blog administrator.
avatar

Saya sangat tidak menyarankan pemakaian bawang putih pada kulit (untuk khasiat apapun, seperti jerawat atau menghilangka tahi lalat). Saya mencoba untuk menghilangkan jerawat kecil di lengan bagian atas. Rasanya sangat panas, dan keesokan harinya tangan saya melepuh, persis seperti terkena luka bakar. Bahkan dokter memberi saya injeksi antitetanus karena luka tersebut. Jadi tolong disebarkan, jangan pernah coba cara ini. Terimakasih.

avatar
This comment has been removed by a blog administrator.
avatar

efek perih itu postif atau negatif sih??

sumpah perih bgt... :(

avatar

SEKEDAR MENGINGATKAN :
JANGAN IKUTIN CARA PAKE BAWANG PUTIH!!!
GA SEMUA ORANG KULITNYA COCOK
SAYA PAKE BAWANG PUTIH DI WAJAH, ALHASIL KULIT SAYA MELEPUH !!

avatar

saya pernah pakai bawang putih. tapi gak dijadiin masker. cukup dilumatkan lalu ditempeli ke tempat jerawat. tapi cuma sebentar. sdh itu langsung cuci muka pake sabun muka. perih+ jerawat meradang berkurang. saya cuci cepat2 krn memang dibbrp referensi, ada org yg gak cocok dgn cara ini.

avatar

(sambungan) khawatirnya kalo lama2 justru gak cocok dikulit. memang sih rasanya panas di jerawat

avatar

Untuk awal pemakaian sangat perih, semalaman wajah saya memerah.

avatar

Jgn sumpah jgn maskeran make bawang :(
Kalian akan menyesal :(
Melepuh, dan lama pulihnya minimal sebulan
Mending nunggu jerawat pecah sendiri :')

avatar

Jgn sumpah jgn maskeran make bawang :(
Kalian akan menyesal :(
Melepuh, dan lama pulihnya minimal sebulan
Mending nunggu jerawat pecah sendiri :')

avatar

Iya bner bgt aku udh coba di tumbuk tp malah panas bgt dn kulit aku jd melepuh untung cm sedikit

avatar

Yaiyalah wajah ente2 pada melepuh, bawang putih di jadiin masker. Boleh menggunakannya, tapi tau caranya. Kalau saya bawang putih saya belah dua, terus saya olesin tipis di jerawat. Insha Allah aman kok.

 

Start typing and press Enter to search