-->
banner here

Manajemen Pemasaran

- 6:12 pm
banner here
Menurut Philip Kotler Manajemen Pemasaran adalah proses penganalisaan perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan terhadap aktivitas manusia dalam rangka usaha memenuhi kebutuhan melalui proses perputaran dalam arti yang luas. 

Pengertian Manajemen Pemasaran tersebut dalandasi oleh kondisi pasar dimana penawaran lebih besar daripada permintaan. Hal ini berarti persaingan semakin tajam sehingga konsep manajemen sangat diperlukan untuk menyelenggarakan kegiatan pemasaran dengan tujuan memberikan kepuasan kepada konsumen dan sekaligus merealisir volume penjualan yang ditargetkan perusahaan.  

Berdasarkan pengertian tersebut di atas mengandung makna bahwa :
  • Adanya tujuan perusahaan dibidang pemasaran yaitu memberikan kepuasaan kepada konsumen dan sekaligus merealisir volume penjualan
  • Adanya proses penganalisaan terhadap kondisi lingkungan untuk mengetahui kesempatan/peluang, kemampuan, tantangan, dan kelemahan yang ada
  • Adanya aktivitas yang terarah berupa pelaksanaan manajemen yang meliputi penganalisisan, perencanaan, pengorganisasian, pelaksaan, dan pengawasan terhadap aktivitas pemasaran yang meliputi penentuan produk, penentuan harga jual, penentuan dan pelaksaan promosi serta penentuan dan pelaksaan distribusi
  • Adanya keadaan ekonomi dimana supply lebih besar daripada demand
  • Adanya prinsip-prinsip seperti efektivitas dan efisiensi, kelangsungan hidup, pemberian kepuasan kepada konsumen sebagai orientasi dalam mencapai laba
  • Adanya kondisi lingkungan pada umumnya yang dapat mempengaruhi secara langsung maupun secara tidak langsung serta dapat berpengaruh secara positif dan negatif 
Advertisement advertise here

 

Start typing and press Enter to search