Menurut Philip Koetler, Meta Marketing merupakan suatu orde atau kumpulan/tinjauan-tinjauan mengenai kegiatanpemasaran. Prinsip pelaksanaan pemasarannya sama antara satu dengan yang lainnya, yaitu merubah sikap dan perbuatan individu atau masyarakat dalam menanggapi dan atau mengkonsumsi produk baik bersifat material maupun non material.
JENIS-JENIS KEGIATAN META MARKETING
1. Business Marketing
Yaitu sudut pandang mengenai kegiatan pemasaran yang diorientasikan pada dunia usaha dalam rangka mencapai keuntungan melalui kegiatan pemasarannya. Dengan catatan Business Marketing ini penjelasannya sebagai mana yang diperoleh atau banyak disajikan dalam literatur-literatur yang pelaksanaanya dilakukan melalui berbagai pendekatan termasuk pendekatan management
2. Person Marketing
Merupakan sudut pandang pemasaran yang berorientasi pada merubah sikap tanggapan individu dan atau masyarakat terhadap individu/seseorang tertentu. Hal ini dapat dilakukan melalui beberapa jenis kegiatan pemasaran antara lain :
a. Political Candidate Marketing yakni kegiatan seseorang sebagai anggota politik tertentu yang berusaha mengungkapkan kemampuannya dan mencalonkan diri
b. Celebrity Marketing yakni berupa pemasaran kemasyuran seseorang misalnya bintang film.
c. Credential Marketing, yakni pemasran surat kepercayaan atas nama individu tertentu yang dapat digunakan untuk merubah sikap individu atau masyarakat tertentu
d. Affect Marketing, yakni pemasarab kepura-puraan/kerawanan seseorang dalam melaksanakan kegiatan untuk maksud-maksud terselubung
3. Organization Marketing
Merupakan kegiatan merubah sikap, tanggapan dan perbuatan individu/masyarakat terhadap organisasi tertentu. Misalnya :
a. Business Organization Marketing, yakni kegiatan merubah sikap dan perbuatan masyarakat dan organisasi yang bergerak di bidang usaha yang menghasilkan barang atau jasa, tetapi tidak dipaksakan untuk mengejar maksimum profit
b. Government Agency Marketing yakni pemasaran terhadap lembaga-lembaga pemerintah
c. Cuktural Organization Marketing yakni pemasaran lembaga-lembaga kebudayaan, seperti museum, simponi
d. Service Organization Marketing, yakni organisasi pelayanan umum, seperti perserikatan keagamaan, organisasi amal
4. Place Marketing
Merupakan kegiatan pemasaran dalam rangka mengubah tanggapan sikap individu/masyarakat terhadap tempat/lokasi tertentu
a. Domicilie Marketing, yakni pemasaran tempat tinggal
b. Business Site Marketing, yakni pemasarantempat-tempat untuk dunia usaha
c. Land Investment Marketing, yakni pemasaran tempat-tempat untuk diinventasikan
d. Travel Marketing, yakni pemasaran tempat-tempat hiburan
e. National Marketing, yakni kegiatan pemasaran terhadap tempat-tempat tertentu
5. Social Marketing
Yaitu aktivitas pemasaran dalam rangka mengubah sukap tanggapan dan perbuatan, terhadap ide-ide tertentu atau program-program tertentu baik yang disponsori individu atau masyarakat baik formal maupun informal
Contoh :
- Program Keluarga Berencana
- Program Lingkungan Hidup
- Green Peace