-->
banner here

9 Langkah Simpel dan Mudah Memulai Jualan Agar Jadi Jutawan

- 6:51 am
banner here

Pagi-pagi lipet baju sambil buat tulisan juga chattingan sama teman.
Tiba-tiba baru sadar tak terasa sekarang sudah jadi emak-emak yang sibuk dengan kerjaan rumah tangga.

Sambil lipet-lipet saya mau sharing tentang bagaimana caranya berjualan agar menjadi seorang jutawan atau untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Terutama yang belum pernah jualan sama sekali atau pemula.

Saya juga masih pemula, tapi mudah-mudahan pengalaman saya yang masih anak bawang dalam dunia jualan ini bisa bermanfaat buat teman-teman yang belum mulai jualan sama sekali.

Saya diajari jualan dari mulai SD oleh ortu, karena latar belakang keluarga memang seorang pedagang.

Waktu itu jualan manisan kedondong dan makanan ringan seperti kacang bawang goreng. Saat itu namanya juga bocah belum ngerti untung rugi, jadi habis gak habis dagangannya tetep aja happy. Kalau sisa ya dimakan sendiri bagi-bagi sama kawan-kawan lain.

Saat SMP berhenti jualan, lebih fokus akademik. Baru SMA jualan lagi.

Saat SMA jualannya lebih semangat karena waktu itu kondisi ekonomi keluarga sedang drop dan saya ditinggal ortu rantau. Jadi dari tadi saya cerita latar tempatnya di kampung kelahiran.

Saat SMA, saya mulai kepengen ini itu, punya ini itu, beli ini itu. Jadi, jualannya makin kenceng.
Pokoknya otaknya selalu berfikir bagaimana menghasilkan tambahan pemasukan uang. Saking semangatnya saya pernah kejebak MLM, rada trauma.

Saat itu apa-apanya dijadikan sebagai peluang untuk menghasilkan uang. Pernah juga jadi makelar jual beli Hp, jualan kartu perdana, dll.

Masuk kuliah kebiasaan berjualan terus berlanjut, mulai dari berjualan baju, pulsa, makanan, dan jualan online. Setelah lulus kuliah dan menikah yang masih digeluti yaitu jualan online dan sampai saat ini masih menghasilkan dan jadi tambahan pemasukan.

Beberapa hal yang bisa diambil dari pengalaman saya diatas, cara memulai jualan yaitu “Mulai Saja Berjualan”, action..

Banyak orang-orang disekitar saya bertanya bagaimana cara berjualan. Padahal jawabannya simpel, mulai saja berjualan.

Kebanyakan orang yang ingin berjualan hanya sampai tahap ingin saja, tidak dilanjutkan dengan tahap praktek.

Bahkan walaupun sudah baca 10 buku, mempelajari 100 ebook, ikut seminar bisnis ribuan kali, kalau tidak bergerak ke tahap praktek, maka jualannya tidak jadi-jadi.

Mulai saja jualan..

Oke, agar lebih enak memulainya berikut ini saya kasih bocoran 9 langkah simpel dan mudah memulai jualan agar jadi jutawan.

Tapi langsung dipraktekkan ya..
  1. Pilih produk yang kira-kira laku dijual. Bisa liat di fb biasanya ada orang yang posting-posting jualan.
  2. Cari toko offline atau online yang jual grosir barang tersebut dan beli 1-3 produk.
  3. Foto produk dan pelajari deskripsi produk.
  4. Tawarkan produk ke orang disekitar kita baik offline maupun online.
  5. Kalau laku Alhamdulillah, lanjutkan jualan.
  6. Kalau belum laku, terus mencoba sambil di evaluasi kenapa gak laku.
  7. Coba terus sampai laku.
  8. Kalau sudah laku, beli lagi, iklan lagi.
  9. Lakukan jualan dengan konsisten setiap hari, sampai semua orang tahu kalau teman-teman berjualan produk.

Kok keliatannya simpel sekali ya? Yaaa jualan itu memang simpel. Pasti teman-teman bertanya apakah bisa dengan cara itu kita jadi jutawan? Tentu saja. 

Ingat sesuatu yang besar dimulai dari langkah awal yang sederhana. Terkadang kita inginnya cepat berada di puncak. Padahal untuk menuju kesana harus dimulai dengan satu hal yang simpel yaitu dimulai dengan satu langkah, kemudian diikuti dengan langkah-langkah selanjutnya. 

Teman-teman jangan khawatir dengan profesi jualan. Saya yakin kalau sudah dimulai pasti akan menghasilkan. Karena kita tahu kalau  9 dari 10 pintu rezeki itu ada dari berdagang alias jualan.

Kuncinya selalu praktek, praktek, praktek, ikhtiar dan ingat dibarengi do’a. 

Cara diatas sudah dibuktikan oleh semua orang yang jualan, termasuk saya pribadi, dan hasilnya memang memuaskan. Jadi lakukan sekarang juga ya. Gak pake tapi, gak pake nanti..

Selamat berjuang..

Advertisement advertise here

 

Start typing and press Enter to search